Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Penangkal Petir Yang Tepat Untuk Musholla

PENANGKAL PETIR UNTUK MUSHOLLA

 

Sekarang saatnya membahas tentang Musholla. Musholla atau biasa dikenal dengan nama Surau / Langgar ini adalah rumah kecil menyerupai masjid yang digunakan sebagai tempat mengaji dan salat bagi umat Islam. Meskipun begitu, ada perbedaan mendasar antara Musholla & Masjid.  Musholla memang bisa dijadikan tempat solat, tapi tidak dapat digunakan untuk Solat Jumat. Selain itu Musholla tidak bisa juga digunakan sebagai tempat Iktikaf. Musholla juga biasanya milik perseorangan ataupun milik wakaf.

Meskipun begitu pembangunan Musholla tidak bisa disepelehkan. Membangun sebuah musholla harus tetap diperhitungkan , termasuk untuk proteksi keamanannya. Memang seperti kita tahu bahwa musholla tidaklah sebesar & setinggi bangunan masjid, tapi musholla juga berpotensi terkena sambaran petir, karena musholla juga memiliki Kubah.  Itulah mengapa Musholla juga harus dilengkapi dengan Penangkal Petir.

 

Dilihat dari segi bangunan yang tidak terlalu besar penangkal petir tipe standart lebih cocok untuk bangunan mushola. Dengan radiasi proteksi penangkal petir standar yang berjarak hanya sekitar dibawah tiang penangkal petir dengan bentuk segitiga. Karena semakin tinggi tiang semakin jauh radius proteksi yang dihasikan.

Selain itu alasan menggunakan penangkal petir standart adalah karena harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan alat penangkal petir  elektrostatis. Karena jika menggunakan penangkal petir elektrostatis maka itu akan menghabiskan biaya yang lebih banyak.

 

Untuk instalasi penangkal petir, Langkah pertama dalam cara memasang penangkal petir yang benar adalah membangun grounding system. Hal ini perlu dilakukan pertama karena berhubungan dengan faktor keamanan dan kemudahan dalam membuat sistem penangkal petir.

Pilihlah tempat pembumian yang memungkinkan mengambil jarak terdekat dengan pemasangan penangkal petir di atas bangunan, jika memungkinkan. Kabel penangkal petir dipasang diluar bangunan. Usahakan kabel terlindungi, misalnya bisa menggunakan pipa sebagai alat pelindung kabel. Batang penangkal petir yang berujung lancip dipasang diatas kubah mushola.

Kubah Masjid:

cara memasang memolo musholah

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


SEO Powered By SEOPressor