Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Awal Mula Perkembangan Atap Kubah Enamel

ATAP KUBAH ENAMEL

atap enamel

 

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini masjid-masjid yang ada sangatlah indah & cantik. Desain, dekorasi ruangan hingga sampai ke detail kaligrafi yang ada didalamnya sungguh bisa membuat kita takjub. Bagaimana tidak, masjid-masjid yg ada saat ini dibuat dengan metode pembuatan yang canggih. Selain desainnya yang luar biasa, material bahan yang dipakai juga semakin modern. Menggunakan & memanfaatkan bahan-bahan yang ada saat ini semaksimal mungkin.

Tapi masih banyak juga masjid-masjid yang menonjolkan sisi ketradisionalannya atau keoriginalitasnya. Biasanya masjid yg seperti ini ketika dibangun mendapat banyak pengaruh dari kebudayaan wilayah setempat. Sebut saja Masjid Menara Kudus dan Masjid Agung Demak, yang sangat kental budaya Jawa didalam arsitektur maupun desain masjidnya. Apalagi masjid ini ada sejak islam masuk ke tanah jawa.

 

Dengan begitu banyak masjid yang ada saat ini, bisa kita tarik 1 benang merah bahwa hampir semua masjid tersebut memiliki atap berbentuk Kubah, Bahkan sekarang, Kubah sudah sangat identik dengan bangunan masjid. Setiap membahas keindahan sebuah masjid, pasti yg tak luput dari pembahasan juga adalah Kubah Masjid.

Padahal saat awal berdirinya bangunan masjid, atap masjid masih belum menggunakan kubah seperti saat ini. Atap berbentuk kubah seperti yg ada saat ini diduga berasal dari bangunan yang ada di Bizantium dan Persia. Atap Masjid disana berbentuk bulat atau setengah bulat yang mempunyai fungsi untuk menutup atap bangunan dasar yang berbentuk segi empat.

 

Dengan atap yg berbentuk bulat atau setengah bulat itulah , dirasa cocok bagi masjid yg notabene adalah tempat ibadah Umat Muslim. Secara filosofi juga diterangkan, atap berbentuk kubah mengisyaratkan kebersamaan antar semua umat muslim yg ada di dunia. Mungkin karena itulah Islam tidak ragu untuk ikut menggunakan bentuk atap bangunan masjid seperti itu. Tidak hanya dalam  bentuk bangunannya saja, akan tetapi termasuk  juga dalam teknik pembuatannya.

Sempat disinggung di awal tadi bahwa makin kesini, pembangunan kubah masjid juga makin canggih. Kini banyak masjid yang menggunakan Panel Enamel sebagai bahan untuk Kubah Masjid.  Kubah yg menggunakan panel enamel disebut Kubah Enamel.

 

atap enamel 2

Panel enamel ialah plat yang berwarna putih low carbon yang dalam proses pengecatannya menggunakan serbuk kaca. Dan fhinishing penegecatannya harus melalui proses oven sampai 800 derajat celcius. Karena proses yg panjang itulah akhirnya menjadikan panel enamel bahan yang kuat terhadap cuaca, api dan tahan lama. Maka dari itu, jika kubah masjid terbuat dari bahan enamel akan mempunyai daya tahan lebih lama. Baik dalam segi bahan dasar ataupun warna.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


SEO Powered By SEOPressor